Peradaban berkaitan dengan penilaian terhadap hasil budaya masyarakat. Peradaban sering dikaitkan dengan hasil budaya yang memiliki nilai tinggi, halus, indah, sopan dan luhur. Dalam peradaban terkandung nilai luhur atau penghargaan tinggi, indah dan baik. Penilaian mengenai tinggi rendahnya peradaban suatu bangsa sangat relatif.
1. Peradaban Lembah Sungai Indus dan Gangga
Peradaban Lembah sungai Indus (Shindu) dan Gangga dilakukan oleh Sir John Marshall dan Banerji. Sungai Indus terletak di wilayah Pakistan sekarang dan memiliki banyak anak sungai yang berasal dari Punjab. Sejak tahun 3000 SM, bangsa Dravida telah mendiami kota Mahenjo Daro dan Harappa. Peradaban ini telah cukup tinggi dengan bukti: jalan lurus dan saluran air dibangun berdasarkan town planning (tata kota) yang baik, bangunan dibuat dari batu bata, bertingkat dan bersanitasi, benda peninggalan berupa arca, perhiasan batu, perkakas rumah, terracotta dan gambar dewa, binatang dan pohon. Dengan demikian masyarakat telah memikirkan masalah kesehatan dan sanitasi. Kamar dilengkapi dengan jendela dan terdapat saluran air yang mengalir sampai sungai. Jalan yang teratur memiliki lebar sekitar 10 meter dan kemungkinan telah ada trotoar.
Peradaban ini lenyap karena sungai Indus terjadi banjir dan serangan bangsa Arya (Asia tengah) melalui celah Kaybar terhadap bangsa Dravida tahun 1500 SM. Mata pencaharian penduduk adalah pertanian dengan irigasi teratur dengan hasil utama gandum. Adapun sistem ekonomi dikembangkan dengan perdagangan barter yang memanfaatkan sungai sebagai sarana perhubungan. Teknologi yang dimiliki sangat tinggi yaitu telah membuat pakaian dari kapas, alat pertanian, alat rumah tangga, bangunan, dan membuat perhiasan dari emas, perak, batu, serta membuat senjata panah, tombak, kapak. Kepercayaan polytheisme dengan memuja dewa langit, dewa bulan, dewa api, dewa air dan dewi ibu sebagai dewi kesuburan.

Anda menyukai dan tertarik materi ini, silakan baca lebih lanjut dan unduh pada link berikut :

Peradaban Kuno di Dunia Klik disini (adf.ly)


Silakan unduh, untuk materi yang lain akan saya upload di waktu yang lain.

0 comments:

Poskan Komentar

 
Top