Kelompok sosial terbentuk melalui proses yang cukup lama. Hal ini dapat dilihat kembali pada syarat dan ciri kelompok sosial pada sub materi sebelumnya. Adapun faktor yang mendasari pembentukan kelompok sosial meliputi :
1. Kepentingan yang sama
Orang per orang atau kelompok akan membentuk kelompok yang tetap dengan dasar kepentingan yang sama (common interest). Adanya kepentingan yang sama akan mendorong terbentuknya kelompok kepentingan. Sebagai contoh, kelompok seniman, kelompok olahraga, kelompok ilmuwan, dan sebagainya.

2. Darah dan keturunan yang sama
Dalam sejarahnya, faktor keturunan yang sama mendasari tali persaudaraan dan persatuan yang paling kuat bagi manusia. Berdasarkan keturunan yang sama, individu-individu yang tinggal dalam wilayah yang merasa memiliki latar belakang suku bangsa atau nenek moyang yang sama akan membentuk kelompok sosial, misal kelompok keturunan Melayu, Jawa, Cina, India, Arab dan sebagainya. Sejalan dengan perkembangan jaman, faktor darah dan keturunan mengalami pergeseran, menjadi kurang kuat.
3. Daerah yang sama
Faktor daerah yang sama dapat mendasari terbentuknya kelompok sosial. Hal ini akan nampak jelas jika di daerah perantauan. Aspek budaya, bahasa, pola pikir yang sama dapat membentuk kelompok sosial. Misal ikatan keluarga Wonogiri di Jakarta, ikatan keluarga Maluku di Jakarta, ikatan keluarga Papua di Jogjakarta, dan sebagainya.



4. Faktor geografis
Kedekatan secara geografis, memungkinkan anggota masyarakat sering berinteraksi. Aspek geografis yang sama mendorong manusia untuk membentuk kelompok sosial pula. Orang yang secara geografis tinggal di sekitar pantai akan membentuk kelompok nelayan. Contoh yang lain kelompok petani, kelompok peternak, kelompok peladang, dan sebagainya.
5. Ciri fisik yang sama Ciri fisik atau badaniah yang sama dapat meliputi ras, bentuk tubuh, tinggi badan, warna kulit dan sebagainya. Kesamaan ciri badaniah dapat mendorong terbentuknya kelompok sosial. Misal kelompok PKK, Dharma Wanita Persatuan dan sebagainya.

Mempelajari materi Sosiologi SMA Kelas XI IPS, mengenai Kelompok sosial dalam Masyarakat Multikultural, memerlukan waktu dan bahan yang cukup banyak. Oleh karena itu, saya mencoba menyusun materi secara sederhana. Untuk anda yang berminat, silakan unduh pada link yang telah tersedia.

Semoga posting saya dapat bermanfaat bagi anda semua.

1 comments:

 
Top