Menindaklanjuti materi sejarah kelas X SMA/ MA, maka saya mencoba menyusun materi untuk bab Tradisi Masyarakat Indonesia Masa Pra Aksara dan Masa Aksara. Berikut cuplikan materi tersebut.


Beberapaunsur-unsur kebudayaan masyarakat Indonesia sebelum mengenal tulisan atau sebelumpengaruh Hindu-Budha, antara lain :

1. Sistem Kepercayaan
Sistemkepercayaan dalam masyarakat Indonesia diperkirakan mulai tumbuh pada masaberburu dan mengumpulkan makanan. Hal ini dibuktikan dengan penemuan lukisan-lukisanpada dinding-dinding goa di Sulawesi Selatan. Lukisan itu berbentuk cap tanganmerah dengan jari-jari yang direntangkan. Lukisan itu diartikan sebagai sumberkekuatan atau symbol jari tidak lengkap yang merupakan tanda berkabung dan penghormatanterhadap roh nenek moyang. Kepercayaan terhadap roh nenek moyang ini terus berkembangpada masa bercocok tanam hingga masa perundagian. Hal ini tampak dari makinkompleksnya bentuk upacara-upacara penghormatan, sesaji, dan penguburan. Selainpenghormatan terhadap roh nenek moyang, ada juga kepercayaan terhadap kekuatanalam. Adanya kepercayaan semacam ini antara lain terungkap dengan adanyabangunan megalithikum yang dianggap memiliki kekuatan, misalnya sarkofagus.Corak kepercayaan seperti ini dinamakan dinamisme. Corak kepercayaan inimengakibatkan adanya kepercayaan yang bercorak animisme, yang dianggap unsur-unsurutama alam menyerupai roh.

............ etc.

Bagi anda yang berminat, silakan unduh pada link berikut :

Bab 2 Tradisi Masyarakat Indonesia Masa Pra Aksara dan Masa Aksara


Demikian, semoga hal ini bermanfaat bagi anda dan membantu siswa dalam memahami sejarah kebangsaan Indonesia. Terima kasih.

0 comments:

Poskan Komentar

 
Top