Memasuki bulan Nopember, perhatian dan konsentrasi segenap masyarakat dan dunia pendidikan ditujukan kepada pertanyaan : Kapan Peraturan UN 2013 dan Kisi-Kisinya disosialisasikan oleh pihak terkait. 
Pelaksanaan UN 2013 yang dimulai bulan April, perlu mendapat perhatian yang lebih sejak sekarang dari pihak orang tua, masyarakat, guru dan sekolah. Ujian Nasional bukan hanya tentang bagaimana lulus dari level sekolah untuk kemudian melanjutkan ke level berikutnya. Tapi ujian nasional juga menyangkut tentang kejujuran, integritas, kerja keras dan tanggung jawab dari segenap pihak. 

Untuk mengurangi tingginya tingkat kecemasan siswa dan orang tua siswa, pemerintah mengambil langkah cepat dengan janji akan memberikan kisi-kisi Soal UN 2013 lebih awal. Jika pada tahun sebelumnya kisi-kisi UN disosialisasikan pada akhir bulan November, tahun ini kisi-kisi akan disosialisasikan lebih cepat yakni pada bulan Oktober. Namun demikian, karena proses penyusunan masih berlangsung diperkirakan baru minggu ketiga Nopember 2013, Kisi-Kisi UN 2013 baru bisa disebarluaskan kepada masyarakat.


Sambil menunggu keluarnya Kisi UN tersebut, ada baiknya diketahui beberapa catatan terkait dengan pelaksanaan UN 2013. Kemdikbud RI menggunakan 20 paket soal UN 2013 dengan arah tujuan untuk menjaga dan meningkatkan kredibilitas hasil UN. Potensi tindak kecurangan akan semakin sempit. Kisi-Kisi UN 2013 bisa diakses masyarakat sebagai persiapan bagi putra putrinya pada bulan Nopember 2013 minggu ketiga (tapi lebih cepat lebih baik nih). Kisi UN menjadi dasar bagi tim pembuat soal dalam memproduksi bank soal. Untuk meningkatkan pengamanan soal UN, kemdikbud merencanakan untuk menyematkan kode tertentu di setiap soal. 

Kisi UN 2013 dibuat dalam bentuk uraian untuk setiap mata uji untuk semua jenjang pendidikan. Guru mata pelajaran atau pembimbing berdasarkan kisi tersebut, dapat menyusun soal latihan UN (try out). Soal buatan guru tersebut dapat dilatihkan kepada peserta didik, sehingga dapat memiliki kesempatan dan pengalaman mengerjakan soal yang lebih banyak. Sebagai gambaran bagi guru, tingkat sebaran soal UN 2012 meliputi 10% mudah, 80% sedang dan 10% sukar. Komposisi ini yang perlu kiranya mendapat perhatian, misal ada pelatihan soal yang sukar sampai 20 - 30%, sehingga siswa terbiasa mengerjakan soal dengan sebaran tingkat kesulitan yang beragam.

Untuk Kisi dan Peraturan terkait UN 2013, insya allah akan saya sampaikan segera setelah dirilis oleh Kemdikbud RI. Demikian, semoga hal ini bermanfaat bagi kita semua. Sukses untuk semuanya dan sukses pelaksanaan serta prestasi UN. Amien. Terima kasih. 

Bagi anda yang ingin mengunduh lebih lanjut mengenai Kisi UN 2013 dan perangkatnya, silakan baca pasa posting berikutnya. 

1 comments:

  1. Waduh, Pak. Tulisane cuilik-cuilik. Mata sy yang dah blawur kesulitan mbaca. Atw mgkn kacamata sy dah perlu upgrade ya.
    Anyway, good blog. Sy suka semakin banyak teman guru yang Go Blog!

    BalasHapus

 
Top