Menjelang pelaksanaan kurikulum pendidikan 2013, perlu banyak dilakukan sosialisasi ke berbagai pihak. Berikut saya mencoba mengupload beberapa hal terkait struktur kurikulum 2013.



Struktur Kurikulum SMA/MA terdiri atas:
 
Kelompok mata  pelajaran wajib  yaitu kelompok A dan  kelompok B. Kelompok A adalah mata  pelajaran yang  memberikan orientasi kompetensi lebih kepada  aspek kognitif  dan afektif sedangkan kelompok B  adalah mata  pelajaran yang  lebih menekankan pada aspek afektif dan psikomotor. 

Kelompok Mata Pelajaran Peminatan terdiri atas 3 (tiga) kelompok yaitu Peminatan Matematika dan Sains, Peminatan Sosial, dan Peminatan Bahasa. 

Mata  Pelajaran Pilihan Lintas Minat yaitu mata  pelajaran yang  dapat diambil  oleh peserta  didik di luar  Kelompok Mata  Pelajaran Peminatan  yang  dipilihnya  tetapi masih dalam Kelompok Peminatan lainnya. Misalnya bagi peserta didik yang memilih Kelompok Peminatan Bahasa  dapat memilih mata  pelajaran  dari  Kelompok Peminatan Sosial dan/atau Kelompok Peminatan Matematika dan Sains. 
Mata  Pelajaran Pendalaman dimaksudkan untuk mempelajari salah satu mata pelajaran dalam kelompok Peminatan untuk persiapan ke perguruan tinggi. 
Mata  Pelajaran Pilihan Lintas Minat dan Mata Pelajaran Pendalaman bersifat opsional, dapat dipilih keduanya atau salah satu.

Kelompok Mata Pelajaran Wajib

Kelompok Mata Pelajaran Wajib merupakan bagian dari kurikulum pendidikan menengah yang  bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang  bangsa,  bahasa,  sikap sebagai bangsa, dan kemampuan penting untuk mengembangkan logika dan kehidupan pribadi peserta didik, masyarakat dan bangsa, pengenalan lingkungan fisik dan alam, kebugaran jasmani, serta seni budaya daerah dan nasional.


Kelompok Mata Pelajaran Peminatan


Kelompok mata pelajaran peminatan bertujuan 
(1) untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik mengembangkan minatnya dalam sekelompok 
      mata pelajaran sesuai dengan minat keilmuannya di perguruan tinggi
(2) untuk mengembangkan minatnya terhadap suatu disiplin ilmu atau keterampilan tertentu.

Demikian, semoga dapat menambah wawasan pembaca.

3 comments:

  1. berarti, misalkan saya di jurusan IPA, saya juga bisa mendapat pelajaran Akuntansi juga pak?.

    Pak, di SMAN 1 Boyolali mulai tahun ajaran baru, sudah memakai kurikulum 2013 y ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk SMA 1 Boyolali memakai kurikulum 2013 utk kelas X, jika peminatan (bukan jurusan) IPA, jelas tidak mendapat materi akuntansi, karena mapel ekonomi termasuk kelompok C (ekonomi, sosiologi, geografi dan sejarah).

      Hapus
    2. kan katanya ada mata pelajaran yang dapat diambil siswa, lintas peminatan.

      Lampiran :
      "Mata Pelajaran Pilihan Lintas Minat yaitu mata pelajaran yang dapat diambil oleh peserta didik di luar Kelompok Mata Pelajaran Peminatan yang dipilihnya tetapi masih dalam Kelompok Peminatan lainnya. Misalnya bagi peserta didik yang memilih Kelompok Peminatan Bahasa dapat memilih mata pelajaran dari Kelompok Peminatan Sosial dan/atau Kelompok Peminatan Matematika dan Sains"

      Hapus

 
Top