Dalam Kurikulum 2013, nilai rapor siswa nantinya lebih informatif dan deskriptif, serta memuat informasi penilaian pada aspek pengetahuan, ketrampilan, serta sikap siswa. "Rapornya itu akan berubah total, yang pertama perubahannya rapor itu berisi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan, yang selama ini kan yang dominannya pengetahuan," kata Kepala Badan Pengembangan SDM Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (Badan PSDMPK dan PMP) Syawal Gultom, seusai acara Peluncuran Implementasi Kurikulum 2013 di Kota Palangka Raya, Senin (15/7) kemarin.

Oleh karena itu kata Syawal Gultom sistem penilaian harus berubah. "Selama ini kan penilaian dengan tes, sekarang harus menggunakan non tes, portofolio, ketrampilan kan harus diamati," ujarnya menambahkan.
Yang kedua, lanjut Syawal rapor pada jenjang sekolah dasar (SD) nantinya tidak berisi angka, namun deskripsi. "Di SD tidak boleh angka-angka, yang ada deskripsi, kalimat-kalimat, anak ini bisanya apa, kalau tidak mampu kenapa," kata mantan Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) tersebut. Apa yang harus diperbaiki pada seorang siswa juga harus ditulis, kata Syawal.

Sedangkan pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP) untuk aspek pengetahuan dan ketrampilan dapat berupa angka. Sedangkan pada aspek sikap harus berupa deskripsi, yaitu hasil observasi. "Konsistrensi anak dalam disiplin dinilai, disiplin dinilai dari mana? dari kehadiran, disiplin menyerahkan tugas misalnya," lanjut Syawal.

Standar penilaian tersebut akan diatur oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Namun hal tersebut adalah standar minimal, sekolah dapat menambahkan aspek penilaian lainnya. "Bagaimana cara menilai sikap dan bagaimana menuangkannya ke dalam rapor itu yang kita atur," kata Kepala Badan PSDMPK dan PMP. Standar penilaian dalam Kurikulum 2013 nantinya akan diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud). (NW)

Sumber :
http://www.kemdikbud.go.id/kemdikbud/berita/1560

Contoh model raport kurikulum 2013 final.
SD
SMP
SMA
SMK

Dalam kesempatan ini saya unggah form penilaian terbaru kurikulum 2013:
SD
SMP
SMA_V1
SMA_V2
SMA_V3
SMK
Nilai Guru dan LCK Kurikulum 2013

Nilai Kelas X Peminatan MIA
Nilai Kelas X Peminatan IIS

Terbaru (revisi)
Kelas X Peminatan MIA
Kelas X Peminatan IIS


Demikian, semoga menambah wawasan kita semua.


10 comments:

  1. saya coba download contoh model rapot sd tapi gk bisa, mohon kiranya anda berkenan kirim via email saya di elhazmy.1@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya allah, pak elhazmy, sy kirim ke email panjenengan. semoga bermanfaat.

      Hapus
  2. Pak Eko sy juga minta dikirimi seperti Pak Elhazmi, alamat email sy : rachmadhusani@yahoo.com

    BalasHapus
  3. Pak Eko sy juga minta dikirimi Raport SMK, ke alamat pandusubroto@yahoo.com

    BalasHapus
  4. pak,,, kok ada passwornya..
    pasword-nya pa yha pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. pak wahab, sudah sy unggah untuk edisi revisi, silakan diunduh. semoga bermanfaat

      Hapus
  5. Mohon sya juga dikirimi untuk yang SD pak,ke email sya: wongpacitankota@gmail.com

    BalasHapus
  6. Bismillah Saya Share Aplikasi Exel Raport Kurikulum 2013 Gratis http://tumiyem.blogspot.com/2013/12/download-raport-kurikulum-2013_18.html

    BalasHapus
  7. APLIKASI RAPORT DAN PENILAIAN KURIKULUM 2013
    https://app.box.com/s/k889a1ni4kxh6df0tb6s
    www.heeningsoft.net

    BalasHapus
  8. ass, maaf pak saya bisa minta juga di kirim untuk aplikasi penilaian kur.13 ma raport nya tingkat SD/MI ke alamat saya andywibowo34@yahoo.co.id

    BalasHapus

 
Top