Saat ini, banyak diantara guru dari semua jenjang pendidikan masih belum paham dalam mempersiapkan perangkat mengajar untuk kurikulum 2013, kecuali sebagian yang telah mengikuti pelatihan (mapel sejarah, matematika dan bahasa Indonesia). Oleh karena perangkat mengajar merupakan komponen penting bagi guru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya, maka perlu kiranya sekolah segera memprogramkan dalam jangka pendek, kegiatan workshop, IHT, semi loka atau yang sejenis.

Dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran, guru perlu memperhatikan beberapa aspek sesuai dengan kurikulum 2013. Dalam hal ini meliputi :


1. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/ atau lingkungan peserta didik.

2. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
Proses pembelajaran dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat, kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar.

3. Mengembangkan budaya membaca dan menulis
Proses pembelajaran dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan. Dalam hal ini perlu dikedepankan guru dapat memberikan contoh tulisan yang telah dibuat. Inilah tantangan yang cukup berat, masalahnya tidak semua guru terbiasa membuat tulisan.

4. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remidiasi.

5. Keterkaitan dan keterpaduan
RPP disusun dengan memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. RPP disusun dengan mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya.

6. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi 
RPP disusun dengan mempertimbangkan penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi.

Baca Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2013/07/prinsip-penyusunan-rpp-kurikulum-2013.html

Demikian, semoga dapat menambah wawasan kita terkait dengan kurikulum 2013. Terima kasih.


0 comments:

Poskan Komentar

 
Top